PENGARUH VIDEO EDUKASI VIRTUAL TOUR INSTALASI BEDAH SENTRAL (IBS) TERHADAP KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN ANESTESIOLOGI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI PRAKTIK KLINIK DI IBS
Kata Kunci:
Kecemasan, Video Edukasi, Praktik KlinikAbstrak
Latar belakang: Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi rentan mengalami kecemasan saatpraktik klinik di IBS karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan tentang lingkungan.Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pendidikan kesehatan untuk mengurangi kecemasandan mempersiapkan mereka lebih baik dalam praktik klinik.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video edukasi virtual tourInstalasi Bedah Sentral (IBS) terhadap kecemasan Mahasiswa Keperawatan AnestesiologiUniversitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dalam menghadapi praktik klinik di IBS.
Metode: Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain penelitian Pre-eksperimental dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilansampel yaitu simple random sampling yang berjumlah 64 responden sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon signed test.
Hasil: Hasil uji wilcoxon signed test didapatkan nilai p-value sebesar 0,000 (p<0,05)sehingga H0 ditolak H1 diterima.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh video edukasi virtual tour IBS terhadap kecemasanMahasiswa Keperawatan Anestesiologi dalam menghadapi praktik klinik di Instalasi Bedah Sentral.



