HUBUNGAN MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH ASKEB BERSALIN DANBAYI BARU LAHIR  PADA MAHASISWA SEMESTER III DIPLOMA III  KEBIDANAN AR-RUM SALATIGA

Penulis

  • Tety Sulestiyowati Dosen Akademi Kebidanan Ar-Rum Salatiga Penulis

Abstrak

Latar belakang; Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh lima faktor yaitu bakat belajar dan motivasi belajar, waktu yang tersedia untuk belajar, gaya belajar, kualitas pengajaran, dan lingkungan. Sedangkan menurut Clark dalam Nana Sudjana & Ahmad Rivai (2001) mengungkapkan hasil belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh kemampuan siswa sebesar 70% dan dipengaruhi oleh lingkungan sebesar 30%. Hasil belajar ini dilihat dari perolehan nilai mahasiswa dari masing-masing mata kuliah yang telah diujikan.Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah motivasi belajar, karena motivasi dapat mendukung keberhasilan dalamproses belajar yang akan merubah perbuatan belajar seseorang. Motivasi dan belajar merupakan hal yang saling berkaitan dan mempengaruhi dan keberhasilanproses belajar suatu mata kuliah dapat dicapai dengan motivasi atau keinginan dari mahasiswa tersebut untuk mempelajari materi. 
Metode; Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu studi korelasi dengan 
pendekatan cross sectional, dimana pengambilan data menggunkan data primer. Analisa data menggunakan uji uji statistik chi square, populasi adalah semua mahasiswa Akbid Ar-Rum Salatiga Semester III (tiga),  
Hasil; Hasil uji statistik chi square antara motivasi belajar dengan hasil belajar matakuliah askeb II, diperoleh hasil x2 hitung sebesar 6,772 dan berdasarkan dk =2 dengan taraf kesalahan 5% (α=0,05) dan harga x2 tabel= 5,991, maka Ho ditolak dan Ha diterima karena harga chi kuadrat hitung lebih besar dari harga tabel  
Kesimpulan; ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mata kuliah askeb Bersalin dan Bayi Baru Lahir.

Diterbitkan

2016-11-19