HUBUNGAN MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH ASKEB BERSALIN DANBAYI BARU LAHIR PADA MAHASISWA SEMESTER III DIPLOMA III KEBIDANAN AR-RUM SALATIGA
Abstract
Latar belakang; Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh lima faktor yaitu bakat belajar dan
motivasi belajar, waktu yang tersedia untuk belajar, gaya belajar, kualitas pengajaran, dan
lingkungan. Sedangkan menurut Clark dalam Nana Sudjana & Ahmad Rivai (2001)
mengungkapkan hasil belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh kemampuan siswa sebesar
70% dan dipengaruhi oleh lingkungan sebesar 30%. Hasil belajar ini dilihat dari perolehan
nilai mahasiswa dari masing-masing mata kuliah yang telah diujikan.Salah satu faktor yang
mempengaruhi hasil belajar adalah motivasi belajar, karena motivasi dapat mendukung
keberhasilan dalam proses belajar yang akan merubah perbuatan belajar seseorang. Motivasi
dan belajar merupakan hal yang saling berkaitan dan mempengaruhi dan keberhasilan proses
belajar suatu mata kuliah dapat dicapai dengan motivasi atau keinginan dari mahasiswa
tersebut untuk mempelajari materi.
Metode; Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu studi korelasi dengan
pendekatan cross sectional, dimana pengambilan data menggunkan data primer. Analisa data
menggunakan uji uji statistik chi square, populasi adalah semua mahasiswa Akbid Ar-Rum
Salatiga Semester III (tiga),
Hasil; Hasil uji statistik chi square antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata kuliah
askeb II, diperoleh hasil x2 hitung sebesar 6,772 dan berdasarkan dk =2 dengan taraf
kesalahan 5% (α=0,05) dan harga x2 tabel= 5,991, maka Ho ditolak dan Ha diterima karena
harga chi kuadrat hitung lebih besar dari harga tabel
Kesimpulan; ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mata kuliah askeb Bersalin
dan Bayi Baru Lahir.



