HUBUNGAN MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH ASKEB BERSALIN DANBAYI BARU LAHIR  PADA MAHASISWA SEMESTER III DIPLOMA III  KEBIDANAN AR-RUM SALATIGA

Authors

  • Tety Sulestiyowati Dosen Akademi Kebidanan Ar-Rum Salatiga Author

Abstract

Latar belakang; Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh lima faktor yaitu bakat belajar dan 
motivasi belajar, waktu yang tersedia untuk belajar, gaya belajar, kualitas pengajaran, dan 
lingkungan. Sedangkan menurut Clark dalam Nana Sudjana & Ahmad Rivai (2001) 
mengungkapkan hasil belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh kemampuan siswa sebesar 
70% dan dipengaruhi oleh lingkungan sebesar 30%. Hasil belajar ini dilihat dari perolehan 
nilai mahasiswa dari masing-masing mata kuliah yang telah diujikan.Salah satu faktor yang 
mempengaruhi hasil belajar adalah motivasi belajar, karena motivasi dapat mendukung 
keberhasilan dalam proses belajar yang akan merubah perbuatan belajar seseorang. Motivasi 
dan belajar merupakan hal yang saling berkaitan dan mempengaruhi dan keberhasilan proses 
belajar suatu mata kuliah dapat dicapai dengan motivasi atau keinginan dari mahasiswa 
tersebut untuk mempelajari materi. 
Metode; Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu studi korelasi dengan 
pendekatan cross sectional, dimana pengambilan data menggunkan data primer. Analisa data 
menggunakan uji uji statistik chi square, populasi adalah semua mahasiswa Akbid Ar-Rum 
Salatiga Semester III (tiga),  
Hasil; Hasil uji statistik chi square antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata kuliah 
askeb II, diperoleh hasil x2 hitung sebesar 6,772 dan berdasarkan dk =2 dengan taraf 
kesalahan 5% (α=0,05) dan harga x2 tabel= 5,991, maka Ho ditolak dan Ha diterima karena 
harga chi kuadrat hitung lebih besar dari harga tabel  
Kesimpulan; ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mata kuliah askeb Bersalin 
dan Bayi Baru Lahir. 

Downloads

Published

2016-11-19